//TIPS CARA MERAWAT SLIDING DOOR MOBIL

TIPS CARA MERAWAT SLIDING DOOR MOBIL

Pintu berjenis sliding door sangat kerap diterapkan pada mobil berjenis MPV atau mobil keluarga. Penggunaan pintu jenis ini memang sangat praktis dan juga memberikan kesan elegant atau bahkan mewah. Namun sifatnya yang praktis dan mudah digunakan terkadang membuat pemilik lalai memperhatikannya. Akibatnya, mekanisme sliding door menjadi berat atau bahkan terkadang menjadi macet.

Secara mekanisme, pintu sliding door pada mobil terbagi menjadi dua, yaitu sliding door manual atau otomatis. Keduanya memiliki masalah yang sama, yaitu cenderung terhambat atau macet saat rel sliding door menjadi berdebu atau banyak kotoran yang menempel. Selain itu, kelalaian juga kerap terjadi karena pemilik jarang melakukan pelumasan pada bagian bearing dan rel sliding door. Kurangnya pelumas akan membuat bearing dan rel menerima terlalu banyak gesekan, sehingga kinerja sliding door menjadi tersendat. Karena itulah, diperlukan perawatan untuk menjaga sliding door tetap bekerja dengan baik.

Untuk merawat pintu mobil dengan jenis sliding door, baik manual atau otomatis tidaklah terlalu sulit. Yang pertama adalah biasakan untuk membuka dan menutup pintu dengan maksimal. Jangan biasakan membuka pintuh separuh, karena rel akan menjadi lebih cenderung kotor pada bagian yang tidak digunakan secara maksimal tersebut. Selain itu, untuk jenis manual, biasakan jangan membanting atau terlalu kuat saat membuka dan menutup pintu mobil. Kebiasaan tersebut akan membuat pintu menerima hentakan yang terlalu kuat, sehingga pengait pintu dapat lebih cepat rusak.

Untuk membersihkan rel pintu sliding door dapat dilakukan dengan cara membersihkan rel menggunakan kuas atau kain yang bersih. Buang debu dan kotoran pada semua bagian rel hingga tidak menumpuk dan benar-benar bersih. Jika sudah bersih, maka berikan cairan degreaser untuk melarutkan kotoran atau sisa-sisa pelumas / gemuk yang sudah lama dan cukup kotor. Setelah beberapa saat, maka lap kotoran dan sisa cairan degreaser tersebut dengan menggunakan lap bersih.

Setelah rel pintu menjadi bersih, selanjutnya berikan pelumas atau grease yang baik pada rel dan juga bearing pintu geser anda. Perlu diperhatikan, jangan memberikan terlalu banyak gemuk atau pelumas karena justru akan mengikat debu lebih banyak. Oleskan secukupnya saja. Pada rel, setelah dioleskan gemuk maka buka tutup pintu secara perlahan. Cara ini akan membuat gemuk pada bearing dan pintu menjadi lebih merata. Terakhir, bersihkan sisa-sisa gemuk yang tidak pada tempatnya atau mungkin keluar dari rel pintu.

Itulah tips cara merawat sliding door pintu mobil anda. Jangan lupa untuk simak juga bagaimana tips cara merawat power window mobil agar tidak mudah macet atau rusak.

Sumber : http://www.asapmobil.com

By | 2018-02-01T12:20:16+00:00 Februari 1st, 2018|Tak Berkategori|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment